Tuesday, December 20, 2016

Perbanyak Tanaman Anthurium

Perbanyak Tanaman Anthurium


Perbanyakan tanaman hias daun Anthurium bisa dikerjakan dengan 2 langkah, generatif serta vegetatif.

Generatif
Anthurium yaitu type tanaman berumah satu (ada 2 type kelamin dalam 1 tanaman). Tetapi dalam prosesnya, penyerbukan begitu tidak sering berlangsung pada masalah Anthurium. Hal itu karena bunga jantan serta bungan betina tak masak kurun waktu berbarengan. Jadi yang dapat dikerjakan adalan penyerbukan buatan yang dikerjakan dengan cara silang. Sistem ini malah akan membuahkan varietas baru yang lebih cantik.

Serbuk sari atau bunga jantan yang telah masak pada Anthurium bakal berwarna kuning serta gampang rontok. Sedang untuk bunga betina ditandai karenanya ada lendir pada putik daun. Umumnya bunga betina siap diserbuki pada 2-3 minggu sesudah mekar, atau dapat menandai karenanya ada serangga yang datang ke bunga itu. Bila keduanya (bunga jantan & betina) telah siap selekasnya kerjakan sistem penyerbukan buatan. saat paling baik untuk ini yaitu saat pagi hari pada jam 7-10. Berikan serbuk sari yang sudah bersih ke cotton bud serta berikan ke putik bunga yang lengket.

Setelah itu tutup sisi bunga dengan kantong plastik sepanjang dua bln.. Kemudian, terlepas bunga dari pohon serta rendam dalam aquades sepanjang 10 menit supaya biji yang melekat bisa terpisah. Biji biji berikut yang sesudah dikeringkan bakal siap untuk disemai.

Vegetatif
Langkah perbanyak Anthurium setelah itu yaitu dengan langkah vegetatif. Keunggulan dari langkah tersebut yaitu sistem perbanyakan semakin lebih cepat, tanaman bakal tumbuh lebih cepat juga. Tetapi kekurangannya yaitu, akhirnya tak dapat sejumlah lewat cara generatif. Mengenai langkah langkah perbanyak Anthurium lewat cara vegetatif yaitu seperti berikut :
Angkat tanaman
Cabut Anthurium dari medianya. Bersihkan media yang masihlah melekat pada akar Anthurium.
Potong bonggol
Bonggol dipotong jadi 2 sisi. Utama : ke-2 potongan mesti memiliki akar.
Berikan ZPT
Sisa potongan oleskan dengan ZPT yang mempunyai tujuan supaya merangsang perkembangan.
Tanam kembali
Ke-2 baggian potongan di tanam dalam media pot yang terpisah. Media tanam harus juga steril serta porus.

No comments:

Post a Comment